Logo Bloomberg Technoz

Banjir Terus Landa Eropa, Perusahaan Asuransi Terancam Rugi Besar

News
22 September 2024 10:00

Puing-puing dari banjir saat permukaan air tinggi di wilayah Pulau Donau di Wina,Austria, Senin (16/9/2024). (Michaela Nagyidaiova/Bloomberg)
Puing-puing dari banjir saat permukaan air tinggi di wilayah Pulau Donau di Wina,Austria, Senin (16/9/2024). (Michaela Nagyidaiova/Bloomberg)

Maggie Shiltagh - Bloomberg News

Bloomberg, Banjir mematikan yang menimbulkan kehancuran di seluruh Eropa tengah dan timur akan menimbulkan kerugian regional terburuk bagi perusahaan asuransi, termasuk Powszechny Zaklad Ubezpieczen SA, Vienna Insurance Group AG, dan UNIQA Insurance Group AG.

Kerugian banjir yang diasuransikan di Eropa Tengah kemungkinan akan mencapai €2 miliar (US$2,2 miliar) hingga €3 miliar, demikian perkiraan pialang reasuransi global Gallagher Re. Jumlah tersebut akan menyaingi kerugian akibat bencana banjir pada tahun 1997, 2002 dan 2013, menurut data Bloomberg Intelligence.

Perusahaan asuransi lain yang memiliki eksposur, termasuk Generali dan Allianz SE. Perusahaan asuransi Austria melihat klaim kerusakan mencapai rekor €600 juta hingga €700 juta, dengan kerusakan yang berpotensi mencapai €1 miliar, kata Asosiasi Perusahaan Asuransi Austria.

Wiener Staedtische, unit dari VIG dan perusahaan asuransi terbesar kedua di Austria berdasarkan total premi, memperkirakan akan ada klaim sebesar €100 juta yang terkait dengan banjir dan badai baru-baru ini. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah perusahaan dari bencana alam.

Perusahaan asuransi di Eropa terancam rugi besar akibat banjir. (Dok: Bloomberg)