Logo Bloomberg Technoz

Ia juga memberikan waktu 48 jam kepada sekretaris pengadilan untuk memverifikasi apakah perintah sebelumnya dipatuhi. Pengadilan kemudian akan dapat mengambil keputusan apakah akan mengembalikan X ke Brasil setelah peninjauan ulang.

"Klarifikasi dan informasi sebagai tanggapan atas perintah Moraes" telah disampaikan kepada pengadilan, firma hukum yang disewa X mengatakan dalam pernyataannya pada Jumat di Brasil. X sekarang diwakili oleh Rachel de Oliveira Villa Nova Conceição di Brasil, menurut dokumen pengadilan yang pertama kali dilaporkan CNN Brasil.

Meskipun X memberi tahu Mahkamah Agung pada Rabu (18/9/2024) bahwa mereka telah menunjuk dua pengacara di negara itu, Moraes memberi perusahaan itu waktu 24 jam untuk membuktikan bahwa pengacara telah dipekerjakan atas namanya.

Batas waktu berakhir pada pukul 21.29 waktu setempat pada Jumat, menurut pengadilan. Pada April, Musk berjanji untuk menentang perintah dari Moraes, yang memelopori kampanye yudisial melawan ujaran kebencian dan berita palsu, untuk menangguhkan akun-akun tertentu di negara tersebut.

Orang terkaya di dunia itu menuduh hakim melakukan penyensoran, sementara Moraes membuka penyelidikan kriminal terhadap Musk dan menuduhnya menyebarkan disinformasi.

Minggu ini, platform ini tiba-tiba dapat diakses oleh pengguna Brasil setelah pembaruan otomatis mengalihkan cara mengarahkan lalu lintas, kata asosiasi penyedia layanan internet di negara tersebut.

Moraes memerintahkan X untuk memulihkan pemblokiran di situsnya pada 19 September atau menghadapi denda sebesar 5 juta reais (US$907.000) per hari, dan menuduhnya berusaha "tidak mematuhi" pengadilan.

Juru bicara X mengatakan pada 18 September bahwa perubahan pada penyedia jaringannya setelah pelarangan tersebut telah menyebabkan "pemulihan layanan yang tidak disengaja dan sementara bagi pengguna Brasil."

Badan pengawas telekomunikasi Brasil mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 19 September bahwa perilaku X menunjukkan "niat yang disengaja untuk mengabaikan perintah Mahkamah Agung" dan bahwa "setiap upaya baru untuk menghindari pemblokiran akan mendapatkan tindakan yang tepat" dari badan pengawas.

Pada Sabtu, Moraes memberikan tenggat waktu 48 jam kepada Polisi Federal dan badan telekomunikasi Brasil untuk mengirimkan laporan tentang kemungkinan akses ke X, sehingga denda dapat dihitung.

Brasil minggu lalu menarik 18,35 juta reais dari rekening bank lokal X dan penyedia internet satelit Starlink untuk membayar denda yang dibebankan oleh Mahkamah Agung. Moraes telah memblokir rekening Starlink sebagai upaya untuk memaksa perusahaan teknologi AS tersebut membayar denda yang dijatuhkan karena mengabaikan perintah sebelumnya.

(bbn)

No more pages