Logo Bloomberg Technoz

Pembatasan yang tertunda ini berasal dari investigasi risiko keamanan siber dari perangkat lunak kendaraan China yang diluncurkan oleh Presiden Joe Biden pada Maret.

Perhatian utama Pemerintahan Biden adalah mencegah China atau Rusia meretas kendaraan atau melacak mobil dengan menyadap komunikasi dengan sistem perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan domestik mereka.

Aturan-aturan tersebut juga akan memiliki elemen proteksionis karena sebagian besar mobil baru terhubung setidaknya melalui sistem infotainment, sehingga produsen mobil China dapat dilarang menjual di AS jika kendaraan tersebut menggunakan teknologi terkoneksi mereka.

Pada Mei, pemerintahan Biden memungut tarif 100% untuk kendaraan listrik China, dengan alasan bahwa pemerintahnya menyubsidi industri otomotifnya dan semakin banyak mengekspor kelebihan kapasitasnya di saat perusahaan-perusahaan AS membuat lebih banyak mobil bertenaga baterai.

Departemen Perdagangan menolak untuk berkomentar. Lael Brainard, direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, akan berbicara pada Senin di Detroit tentang upaya pemerintahan Biden untuk "memperkuat industri otomotif AS."

China telah muncul sebagai pemimpin dalam kendaraan listrik dan komponen untuk mobil pintar, sebagian karena subsidi dan dukungan pemerintah yang meluas. BYD Co menjual lebih banyak kendaraan listrik sepenuhnya dibandingkan Tesla Inc pada kuartal keempat tahun lalu.

Para produsen mobil global semakin bergantung pada pemasok China untuk teknologi yang dibutuhkan untuk kendaraan yang terhubung. Sementara itu, China mengatakan bahwa mereka menghormati privasi data dan keamanan pelanggan asing serta prinsip-prinsip persaingan yang sehat.

Pembatasan baru ini akan diberlakukan oleh Departemen Perdagangan untuk mencegah perusahaan-perusahaan China mengumpulkan data pengemudi AS, terutama individu, dan mengirimkannya kembali ke China.

Aturan tersebut juga akan secara efektif mencegah pemasok China membangun pijakan yang lebih besar di AS, memberikan waktu bagi industri otomotif Amerika untuk membangun rantai pasokannya sendiri untuk kendaraan yang terhubung.

Proposal Perdagangan mencakup periode fase-in yang berbeda untuk berbagai perangkat lunak dan komponen yang terpengaruh, kata orang-orang yang mengetahui proposal tersebut.

Para pejabat bertujuan untuk memberlakukan aturan final pada Januari 2025, kata orang-orang tersebut, setelah periode komentar selama 30 hari atas proposal tersebut.Reuters pertama kali melaporkan garis besar proposal tersebut pada hari Sabtu.Selain bantuan pengemudi dan sistem kendaraan otonom, serta perangkat lunak yang melacak kendaraan dengan menggunakan pemetaan dan lokasi satelit, peraturan tersebut juga akan mengatur perangkat keras untuk sistem komunikasi kendaraan. Hal ini dapat mencakup hal-hal seperti apa yang disebut sistem V2X, yang digunakan mobil untuk berkomunikasi dengan infrastruktur jalan, kendaraan lain yang dilengkapi dengan perangkat lunak dan cloud.

(bbn)

No more pages