Logo Bloomberg Technoz

2. The Fed Pangkas Suku Bunga 50 bps, Isyaratkan Ada Pemotongan Lagi

Bos Bank Sentral AS, Jerome Powell. (dok Bloomberg)

Bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) menurunkan suku bunga acuannya sebesar setengah poin persentase pada Rabu (18/09/2024). Hal ini merupakan sebuah langkah agresif untuk memulai perubahan kebijakan yang bertujuan memperkuat pasar tenaga kerja AS.

Proyeksi yang dirilis setelah pertemuan selama dua hari menunjukkan bahwa mayoritas tipis, 10 dari 19 pejabat, mendukung penurunan suku bunga setidaknya setengah poin lagi selama dua pertemuan di sisa tahun 2024. Tujuh pembuat kebijakan mendukung penurunan suku bunga seperempat poin lagi tahun ini, sementara dua menentang langkah lebih lanjut.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memberikan suara 11 banding 1 untuk menurunkan suku bunga federal ke kisaran 4,75% hingga 5%, setelah menahannya selama lebih dari setahun pada tingkat tertinggi dalam dua dekade. Ini adalah pemotongan suku bunga pertama The Fed dalam lebih dari empat tahun.

3. Hal yang Perlu Diperhatikan Jelang Pengumuman Suku Bunga The Fed

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) diperkirakan akan menurunkan suku bunga pekan ini, setelah mempertahankan biaya pinjaman pada level tertinggi dalam dua dekade selama lebih dari setahun. Namun, besarnya penurunan masih menjadi pertanyaan.

Para peramal sebagian besar mengantisipasi Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan mengurangi suku bunga sebesar seperempat poin menjadi kisaran 5% hingga 5,25%, meskipun ekonom di JPMorgan Chase & Co memperkirakan langkah yang lebih besar, setengah poin. Para investor melihat peluang yang lebih baik daripada rata-rata untuk penyesuaian setengah poin.

Proyeksi kuartalan baru yang dirilis pada akhir pertemuan kebijakan yang digelar selama dua hari akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang jalur ke depan untuk biaya pinjaman dan perekonomian.

4. Ray Dalio Abaikan The Fed, Risiko Terbesar Investor adalah China

Pendiri Bridgewater Associates, Ray Dalio. (Dok: Ore Huiying/Bloomberg)

Besaran penurunan suku bunga Federal Reserve minggu ini tidak akan mengubah permainan bagi investor global, meskipun risiko dari perlambatan ekonomi China terus membebani pikiran mereka. Demikian menurut para peserta di sebuah forum regional.

Pendiri Bridgewater Associates, Ray Dalio mengatakan apa yang akan dilakukan The Fed minggu ini "tidak membuat perbedaan" dalam jangka panjang karena para pembuat kebijakan pada akhirnya harus mempertahankan suku bunga riil tetap rendah untuk memungkinkan pembayaran utang yang menggunung.

"The Fed harus mempertahankan suku bunga cukup tinggi untuk memuaskan para kreditur bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan yang nyata tanpa harus menaikkan suku bunga terlalu tinggi, sehingga para debitur mengalami kesulitan," kata Dalio kepada Haslinda Amin dari Bloomberg Television di sela-sela Milken Institute Asia Summit 2024 di Singapura, Rabu (18/9/2024).

5. Poin-poin Penting dari Keputusan The Fed untuk Pangkas Suku Bunga

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin pada Rabu (18/09/2024). Berikut poin-poin penting dari pengumuman tersebut.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memberikan suara 11 banding 1 untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) ke kisaran target 4,75%-5,0%. Ini merupakan pemotongan suku bunga pertama dalam lebih dari empat tahun.

(red/ros)

No more pages