Logo Bloomberg Technoz

Badan Cuaca jepang mengatakan hujan lebat akan berlangsung hingga Minggu dan bisa meluas ke wilayah lain di kawasan tersebut. Kantor berita Kyodo melaporkan sejumlah rute kereta cepat ke wilayah itu dibatalkan dan jalan bebas hambatan ditutup karena banjir dan hujan. 

Rekaman video di kawasan bencana memperlihatkan air banjir menutupi wilayah itu yang merendam sejumlah besar gedung. Kementerian Pertanahan Jepang mengatakan 16 sungai di wilayah ini meluap pada Sabtu. 

Menteri Sekretaris Kabinet Yoshimasa hayashi meminta warga waspada dengan tanah longsor dan sungai meluap. Dia mengatakan pemerintah telah mengerahkan tentara ke daerah bencana untuk melakukan operasi penyelamatan. 

Stasiun televisi NHK melaporkan setidaknya satu orang tewas dan tiga lainnya hilang. Secara terpisah, Kementerian Pertanahan mengatakan empat pekerja yang sedang melakukan perbaikan akibat gempat juga hilang setelah longsoran tanah menutupi gua tempat mereka bekerja. 

Hokuriku Electric menyebut lebih dari 6.000 rumah mengalami listrik padam. Sementara, penyedia layanan ponsel seperti KDDI Corp., NTT Docomo Inc. dan SoftBank Corp. melaporkan layanan mereka di sebagian wilayah itu pun terganggu.

(bbn)

No more pages