Logo Bloomberg Technoz

ADB Beri Pinjaman Rp7,5 T untuk Program Transisi Energi Indonesia

Sultan Ibnu Affan
21 September 2024 16:30

Asian Development Bank (Dok. ADB)
Asian Development Bank (Dok. ADB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) mengucurkan pinjaman senilai US$500 juta atau setara Rp7,5 8 triliun (asumsi kurs saat ini) untuk membantu percepatan transisi energi di Indonesia

Dana itu juga sekaligus mendukung langkah Indonesia dalam menopang berbagai kebijakan untuk  mencapai kontribusi yang ditentukan secara nasional atau NDC. Serta, target emisi bersih nol dari pembangkitan listrik pada 2050.

“Program pinjaman berbasis kebijakan ini mendukung pengembangan kebijakan dasar dan kolaboratif Indonesia guna mengidentifikasi dan menjawab berbagai tantangan kompleks di sektor ini," ujar Jiro Tominaga, Direktur ADB dalam siaran resminya.

Dia mengatakan, saat ini Indonesia berada pada persimpangan penting dalam perjalanan transisi energi nasionalnya. Hal ini merujuk pada masih pesatnya pertumbuhan kapasitas pembangkit listrik, yang ditujukan untuk mengatasi sebagian besar kendala pasokan listrik dalam negeri. 

Situasi tersebut, kata Jiro, membuat pemerintah masih sangat tergantung pada kelistrikannya yang sumber tenaganya berbasis bahan bakar fosil seperti batu bara, gas, dan diesel.