Logo Bloomberg Technoz

“Sejumlah uang jadi yang namanya reksadana dan yang lain-lainnya. Jadi sejumlah uang ada yang ke perusahaan sekuritas," ujar dia.

Seharusnya, menurut Asep, para petinggi PT Taspen menggunakan dana atau iuran pensiun untuk investasi atau bisnis sehingga mendapatkan keuntungan. Total keuntungan tersebut akan digunakan untuk operasional perusahaan dan kembali diberikan kepada para pensiunan.

Hingga saat ini, KPK baru menetapkan satu orang tersangka dalam kasus yang diduga menyebabkan kerugian negara hingga RP1 triliun tersebut. Tersangka tersebut adalah Direktur Utama PT Taspen periode 2020-2024, Antonius Kosasih.

Selama ini, penyidik memang menelusuri kebenaran investasi PT Taspen melalui sejumlah perusahaan. Beberapa di antaranya adalah PT Insight Investments Management dan PT Sinarmas Sekuritas.

Terakhir, lembaga antirasuah tersebut memeriksa Direktur Utama Insight Investments Managemen 2016-2024, Ekiawan Heri Primaryanto; eks Direktur Keuangan dan Operasional Sinarmas Sekuritas Ferita; dan Direktur SDM dan Kepatuhan Taspen Mohamad Jufri.

(fik/frg)

No more pages