Logo Bloomberg Technoz

Daftar Menteri & Wamen Jokowi: PDIP Sisa 4, Gerindra jadi 5

Redaksi
21 September 2024 16:00

Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa jabatan periode keduanya pada 20 Oktober mendatang. Selama 10 tahun menjabat, dia telah berulang kali melakukan penyusunan dan perombakan para pembantunya di kabinet pemerintahan.

Dengan berbagai alibi, Jokowi juga seperti para presiden sebelumnya memberikan jatah kursi menteri dan wakil menteri kepada partai politik yang menjadi koalisi pemerintahannya. Dinamika politik pun menjadi salah satu pemicu keluar masuknya politikus partai politik menjadi pejabat negara.

Demikian pula hingga menjelang akhir masa jabatannya, Jokowi tercatat masih memiliki setidaknya 27 politikus dari berbagai partai politik sebagai menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju.

Namun, komposisi atau jatah kursi bagi tiap partai nampaknya mulai sangat berbeda, terutama usai kontestasi politik pada Pemilu 2024. 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya menjadi terbanyak dengan tujuh kursi menteri dan wamen; kini tinggal tersisa empat kursi. Dua politikus PDIP mengundurkan diri yaitu Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sedangkan Yasona Laoly dicopot melalui reshuffle kabinet.