Logo Bloomberg Technoz

BREN Surati FTSE Russells, Bantah Soal Tak Penuhi Free Float

Sultan Ibnu Affan
21 September 2024 11:30

Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manajemen PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) melayangkan catatan kepada FTSE Russells imbas pengumumannya yang membatalkan saham milik orang terkaya RI, Prajogo Pangestu ke Indeks bergengsi dunia tersebut.

Dalam surat elektronik yang diterima oleh Bloomberg Technoz tersebut, manajemen BREN meminta FTSE untuk mencabut dan segera memberikan klarifikasi dan peninjauan ulang pengumuman tersebut. FTSE dinilai telah memberikan "informasi yang salah mengenai pencantuman BREN dalam Indeks FTSE."

"Kami meminta FTSE Russell untuk mencabut pernyataan tersebut dan mengeluarkan koreksi formal sesegera mungkin untuk memperbaiki situasi," tulis catatan surat elekronik atas nama Randika Pratama, bagian dari Departemen Hukum dan Sekretaris Perusahaan BREN.

Sumber yang dihubungi Bloomberg Technoz, yang mengetahui masalah tersebut tetapi tidak ingin disebutkan namanya karena informasi masih bersifat pribadi, membenarkan keabsahan surat tersebut. Sementara, manajemen BREN masih belum berkomentar.

Dalam surat itu, Randy mengatakan bahwa sejak melakukan penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO), Otoritas Jasa Keuangan telah menerbitkan pernyataan efektif kepada BREN, yang diantaranya telah memenuhi persyaratan untuk memiliki saham beredar bebas minimal 10%.