Logo Bloomberg Technoz

APBN 2025: 6 Program Prioritas Prabowo Habiskan Dana Rp113 T

Azura Yumna Ramadani Purnama
20 September 2024 18:20

Prabowo Subianto. (Dok. Bloomberg)
Prabowo Subianto. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto memiliki enam program prioritas yang dinamakan ‘quick win’ dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 dan menghabiskan dana sebesar Rp113 triliun.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah menyatakan pihaknya dan pemerintah menyepakati penambahan alokasi belanja negara untuk memberikan fiskal kepada Prabowo.

“Badan Anggaran DPR bersama pemerintah menyepakati penambahan anggaran, khususnya pada belanja Kementerian/Lembaga (K/L) dalam rangka menopang sejumlah program quick win Presiden terpilih,” tutur Said dalam rapat paripurna di DPR, Kamis (19/9/2024).

Program prioritas pertama yakni Makan Bergizi Gratis dianggarkan sebesar Rp71 triliun untuk pemberian makan siang kepada ibu hamil, ibu menyusui, balita, serta peserta didik di seluruh jenjang pendidikan.

Kedua, program pemeriksaan kesehatan gratis untuk 52,2 juta orang dianggarkan sebesar Rp3,2 triliun dan akan disalurkan melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkeu). Nantinya, pemeriksaan kesehatan gratis tersebut meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, hingga rontgen untuk pengecekan penyakit katastropik.