Logo Bloomberg Technoz

Oversupply Listrik Jawa-Bali Diprediksi Hampir Tuntas

Dovana Hasiana
20 September 2024 16:20

Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)
Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan permasalahan kelebihan pasokan atau oversupply listrik di wilayah Jawa-Bali sudah hampir selesai, meskipun terdapat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Jawa 9 dan 10 yang berada di kawasan Suralaya, Cilegon, Banten yang bakal beroperasi dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu mengatakan permasalahan oversupply tersebut berpotensi selesai pada tahun depan seiring dengan peningkatan konsumsi listrik, khususnya untuk kebutuhan pusat data atau data center.

Dengan demikian, Kementerian ESDM juga tengah melakukan revisi terhadap Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) untuk memfasilitasi konsumsi listrik yang meningkat.

“Sekarang sudah pas, mudah-mudahan tahun depan sudah habis, hitung-hitungan kita ya. Pertumbuhan [konsumsi] listrik di Jawa-Bali sekarang pesat sekali, data center besar sekali. Makanya kita harus balap-balapan dengan pembangkit yang baru, kita lagi siapkan new RUPTL,” ujar Jisman saat ditemui di kantornya, di Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2024).

Dok: PLN

Jisman tidak menjelaskan dengan lengkap ihwal volume surplus listrik di Jawa-Bali saat ini, tetapi mematikan angkanya tidak besar.