Logo Bloomberg Technoz

Penjualan iPhone 16 diprediksi lesu.

Pada bagian lain perangkat iPhone baru hanya mengalami sedikit peningkatan dari model sebelumnya. Tombol Kontrol Kamera yang peka terhadap sentuhan yang memudahkan pengambilan gambar dan video adalah perubahan yang paling menonjol.  Meski begitu, Wall Street tetap optimis bahwa Apple dapat mempercepat pertumbuhan selama musim liburan yang sangat penting.

Tombol baru iPhone 16. (David Paul Morris/Bloomberg)

Analis memperkirakan bahwa pendapatan akan meningkat 8% pada kuartal Desember - kinerja terbaik untuk periode tersebut sejak akhir kalender 2021.

Lineup terbaru mencakup dua base model- 16 dan 16 Plus - serta Pro dan Pro Max untuk kelas preium. Pemesanan awal perangkat dimulai minggu lalu, dengan pengiriman ke toko-toko dan pelanggan dimulai pada hari Jumat.

Jarang sekali kita melihat kerumunan besar pembeli iPhone di toko-toko Apple akhir-akhir ini, tetapi beberapa fans tetap antre di berbagai lokasi di seluruh dunia.

Pertanyaan besarnya adalah apakah konsumen biasa akan membeli model baru ini.

Unit-unit awal yang akan dijual akan menjalankan sistem operasi iOS 18, namun Apple Intelligence akan membutuhkan pembaruan perangkat lunak iOS 18.1, yang akan diluncurkan pada bulan Oktober.

Apple Intelligence diumumkan pada bulan Juni di Worldwide Developers Conference dan telah tersedia dalam uji beta terbatas untuk para pengembang selama beberapa minggu terakhir.

Kamis, Apple merilis versi beta publik Apple Intelligence - yang ditujukan untuk publik secara luas - meskipun sebagian besar pelanggan tidak akan mengaksesnya hingga rangkaian fitur tersebut dirilis dalam bentuk final bulan depan. Kemampuan tambahan baru akan tersedia setelahnya, sebagai bagian dari peluncuran bertahap yang akan berlangsung hingga tahun depan.

Konsumen di China mencoba iPhone 16 baru. (Bloomberg)

Saat raksasa teknologi ini memperkenalkan iPhone 16, mereka mengatakan bahwa perangkat tersebut adalah yang pertama kali dibuat “dari nol” untuk Apple Intelligence. Namun beberapa iPhone dari tahun lalu - 15 Pro dan Pro Max - juga akan dapat mendukung fitur-fitur tersebut. 

Tampilan ponsel baru ini tidak banyak berubah dari desain iPhone 12 dari tahun 2020. Namun smartphone baru Apple memiliki peningkatan daya tahan baterai dan kemajuan kamera yang nyata - di luar tombol baru.

Harga iPhone 16 mulai dari US$799 untuk iPhone standar, mulai dari US$1.199 untuk Pro Max. 

Pada periode sebelumnya, konsumen yang memesan ponsel dari toko online Apple mengalami penundaan pengiriman yang cukup lama - sebuah pertanda bahwa pasokan tidak mencukupi permintaan. Hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah tahun ini, entah karena pesanan lebih lambat atau Apple memiliki lebih banyak ponsel.

Pesanan baru untuk model iPhone 16 reguler akan dikirimkan pada awal Oktober, sementara versi Pro akan tiba sekitar pertengahan bulan.

Apple juga meluncurkan AirPods kelas bawah bulan ini dan jam tangan yang diperbarui. Earbud baru - yang dijuluki AirPods 4 - tersedia dalam versi US$129 dan US$179, dengan model yang terakhir termasuk peredam bising. Fitur itu sebelumnya telah dicadangkan untuk AirPods Pro kelas atas, yang harganya US$249. 

Sementara itu, smartwatch terbaru Apple tidak menawarkan alasan utama untuk melakukan upgrade. Seri 10 yang baru memiliki layar yang lebih besar dan desain yang lebih tipis, tetapi terlihat mirip dengan Seri 9. Satu-satunya perubahan yang dilakukan perusahaan pada model Ultra yang lebih tinggi adalah pilihan warna hitam. Meski begitu, produk ini dapat menarik pelanggan yang memiliki Apple Watch yang lebih tua atau yang baru mengenal kategori ini.

iPhone, smartwatch, dan AirPods tidak akan menjadi produk Apple baru terakhir di tahun 2024. Perusahaan ini juga merencanakan perombakan besar-besaran pada komputer Mac akhir tahun ini. 

Apple akan membawa prosesor M4 yang berfokus pada AI dari iPad ke laptop MacBook Pro dan desktop iMac. Apple juga sedang mempersiapkan perombakan paling signifikan pada Mac mini dalam sejarah dua dekade produk ini, lengkap dengan desain yang lebih kecil dan cip baru.

(bbn)

No more pages