Logo Bloomberg Technoz

PLN, IHA & INAHA Jalin Kerja Sama Pengembangan Energi Air


Perkuat Kolaborasi Global, PLN Jalin Kerja Sama Pengembangan Energi Air dengan IHA dan INAHA (PLN)
Perkuat Kolaborasi Global, PLN Jalin Kerja Sama Pengembangan Energi Air dengan IHA dan INAHA (PLN)

Jakarta - PT PLN (Persero) dengan IHA (International Hydropower Association) dan INAHA (Indonesia Hydropower Association) meresmikan Kantor Bersama IHA-INAHA Asia Tenggara yang berlokasi di Kantor Pusat PLN, Jakarta pada Rabu (18/9). Langkah strategis ini dilakukan sebagai wujud konkret bersama untuk mengakselerasi pemanfaatan energi hidro di Indonesia selaras dengan target net zero emissions tahun 2060.

Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Harris Yahya menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia tengah memprioritaskan transisi energi, termasuk di antaranya pengembangan energi baru terbarukan (EBT) secara masif, implementasi teknologi bersih Carbon Capture Storage, hingga pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Terkait pengembangan EBT, Harris mengatakan bahwa potensi yang dimiliki Indonesia sangat besar. Khusus untuk air, Dia mencatat potensinya mencapai 95 GW dan baru sebagian kecil yang dimanfaatkan.

"Pemanfaatan potensi besar tersebut tentunya perlu kita dorong dengan menciptakan kawasan industri hijau yang terintegrasi dengan pembangkit listrik tenaga air skala besar sebagai sumber energi," ungkapnya.

Harris juga menekankan pentingnya menjalin kolaborasi untuk dapat sepenuhnya memanfaatkan potensi air di Indonesia. Sehingga, Dia melihat adanya kolaborasi antara PLN-IHA-INAHA akan mendatangkan banyak manfaat untuk Indonesia.