Logo Bloomberg Technoz

Di posisi ketiga ada Kota Karawang dengan PDRB Rp 187 triliun. Disusul oleh Kota Bogor di rangking keempat dengan PDRB Rp 176 triliun.

Berikutnya ada Kabupaten Bandung dengan PDRB Rp 92 triliun. Lalu ada Kota Depok dengan PDRB Rp 55 triliun.

Peran Besar Jawa Barat

Dalam sebuah kesempatan, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf pernah berujar bahwa menyelesaikan masalah Jawa Barat sama dengan menyelesaikan sebagian masalah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pernyataan yang tentu ada benarnya, karena provinsi ini memang tidak kaleng-kaleng.

Di bidang ekonomi, pencapaian Jawa Barat pun tidak bisa disepelekan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Barat pada 2022 adalah Rp 21,54 triliun. Jawa Barat menduduki posisi kedua, hanya kalah dari DKI Jakarta (Rp 40,27 triliun).

Sumber: BPS

Kemudian dari sisi investasi, Jawa Barat juga menjadi tujuan utama investor. Sepanjang semester I2-2024, Penanaman Modal Asing (PMA) yang masuk ke Jawa Barat bernilai US$ 5,28 miliar. Ini menjadi yang tertinggi se-Indonesia.

Sementara untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), nilainya adalah Rp 49,18 triliun. Jawa Barat menempati peringkat kedua di bawah DKI Jakarta (Rp 69,33 triliun).

Sedangkan dari sisi Produk Domestik Bruto (PDB), Jawa Barat menyumbang 12,86% dari PDB nasional pada kuartal  II-2024. Dalam hal ini, Jawa Barat berada di posisi ketiga di bawah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Sumber: BPS DKI Jakarta

(aji)

No more pages