Logo Bloomberg Technoz

100 Aplikasi Berbahaya yang Harus Dihapus dari HP Anda

Referensi
20 September 2024 09:24

Ilustrasi aplikasi di smartphone atau ponsel. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi aplikasi di smartphone atau ponsel. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengguna smartphone Android harus selalu berhati-hati dalam memilih aplikasi yang diunduh. Baru-baru ini, Google telah menghapus sekitar 100 aplikasi berbahaya dari Play Store karena dianggap membawa risiko keamanan. Jika Anda telah menginstal salah satu aplikasi ini, sangat disarankan untuk segera menghapusnya demi menjaga keamanan data pribadi dan perangkat Anda.

Artikel ini akan membahas daftar 100 aplikasi berbahaya yang harus dihapus di HP Android dan menjelaskan mengapa aplikasi-aplikasi ini dinilai merugikan serta langkah-langkah yang bisa diambil untuk melindungi perangkat Anda dari risiko keamanan.

Mengapa Aplikasi Ini Berbahaya?

Banyak aplikasi yang dihapus oleh Google dari Play Store menawarkan fungsi yang terlihat sederhana dan bermanfaat, seperti editor foto, VPN, dan scanner PDF. Namun, di balik fungsi tersebut, aplikasi-aplikasi ini sering kali menyusupkan iklan berlebihan dan memerlukan izin akses yang tidak masuk akal.

Misalnya, beberapa aplikasi meminta akses untuk menyalakan dan mematikan mikrofon, masuk ke galeri, dan bahkan mengubah pengaturan sistem HP tanpa persetujuan yang jelas. Hal ini bisa menjadi celah bagi pihak developer untuk mengakses data pribadi pengguna tanpa sepengetahuan mereka, yang tentunya sangat membahayakan.

Google telah mengambil langkah tegas dengan menghapus aplikasi-aplikasi ini dari Play Store sejak tahun 2020. Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur mengunduh dan memasang aplikasi ini, langkah terbaik adalah segera melakukan uninstall.

Daftar 100 Aplikasi Berbahaya yang Harus Dihapus

Ilustasi toko aplikasi atau Apps Store milik Apple di layar iPhone. (Dok: Bloomberg)