Logo Bloomberg Technoz

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, Klaim awal turun 12.000 menjadi 219.000 dalam pekan yang 14 September, menurut data Departemen Tenaga Kerja. Periode ini juga sesuai dengan minggu referensi ketika survei dilakukan untuk laporan ketenagakerjaan September.

Klaim lanjutan, proxy untuk jumlah orang yang menerima tunjangan, juga turun pada minggu sebelumnya, ke level terendah dalam tiga bulan.

Keputusan Bank Sentral AS untuk memangkas suku bunga acuan sebesar setengah poin persentase mencerminkan niat para pembuat kebijakan untuk mempertahankan apa yang digambarkan oleh Gubernur Federal Reserve Jerome Powell sebagai pasar tenaga kerja yang “Masih solid.”

Senada dengan survei MLIV Pulse, mayoritas peserta mencapai 75% memperkirakan negeri dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut akan mencapai soft landing setelah penurunan suku bunga 50 Bps, mengutip data survei.

“Secara historis, pasar saham telah berkinerja baik dalam periode ketika The Fed menurunkan suku bunga sementara ekonomi AS tidak berada dalam resesi. Kami berharap kali ini tidak terkecuali,” kata Solita Marcelli dari UBS Global Wealth Management.

Menurut Keith Lerner dari Truist Advisory Services Inc, pasar saham merespons positif masa-masa pemangkasan suku bunga acuan di tahun depan jika resesi dapat dihindari. Ia mencatat dalam risetnya, sejak 1989 telah terjadi enam siklus penurunan suku bunga oleh The Fed dan dalam empat dari enam siklus tersebut, saham mengalami kenaikan setahun kemudian.

(fad/hps)

No more pages