Logo Bloomberg Technoz

Yellen: Penurunan Suku Bunga The Fed Tanda Baik bagi Ekonomi AS

News
20 September 2024 05:40

Janet Yellen (Dok: Bloomberg)
Janet Yellen (Dok: Bloomberg)

Daniel Flatley dan Viktoria Dendrinou - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan bahwa penurunan suku bunga bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) pada Rabu (18/09/2024) adalah "tanda yang sangat positif bagi perekonomian AS." Hal ini mencerminkan kemajuan dalam menurunkan inflasi dan tekad untuk melindungi pasar tenaga kerja.

"Ini mencerminkan keyakinan dari pihak The Fed bahwa inflasi telah turun drastis dan berada di jalur menuju target 2%, serta bahwa risiko terkait inflasi telah benar-benar berkurang secara signifikan," kata Yellen dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh majalah The Atlantic pada Kamis (19/09/2024). "Kekhawatiran atau motif yang paling utama" sekarang adalah memastikan pasar tenaga kerja "tetap kuat," tambahnya.

Yellen berbicara sehari setelah bank sentral AS menurunkan suku bunga acuan sebesar setengah poin persentase.

"Sikap kebijakan moneter tetap ketat," kata Yellen. "Ekspektasinya adalah suku bunga akan turun lebih lanjut," tambahnya, menyoroti proyeksi baru dari para pembuat kebijakan The Fed, yang menunjukkan penurunan suku bunga berkelanjutan hingga 2026. "Namun, tentu saja perlu memantau data yang masuk dan selalu ada kemungkinan langkah kejutan."