Logo Bloomberg Technoz

Langkah serupa telah diambil oleh perusahaan hiburan raksasa Sony Group Corp, grup elektronik Toshiba Corp, produsen kosmetik dan produk rumah tangga Kao Corp, serta Murata Manufacturing Co, produsen komponen Apple Inc.

Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa sebelumnya mengonfirmasi kematian anak berusia 10 tahun yang ditikam pada Rabu (18/9/2024) di Shenzhen dalam perjalanan ke sekolah. Ini adalah yang terbaru dari serangkaian serangan terhadap orang asing di China dalam beberapa bulan terakhir, dan setidaknya merupakan yang kedua yang melibatkan warga negara Jepang di negara tersebut.

Insiden ini dapat memperburuk hubungan perusahaan antara kedua negara, dengan hubungan kedua negara yang sudah tegang dalam berbagai hal, mulai dari kebencian historis hingga sengketa teritorial yang sedang berlangsung.

Sekitar 13.000 perusahaan Jepang berlokasi di China, menurut Teikoku Databank. Sekitar 100.000 warga negara Jepang tinggal di negara ini pada tahun lalu, kata Kementerian Luar Negeri Jepang.

(bbn)

No more pages