Logo Bloomberg Technoz

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengatakan bakal segera meresmikan smelter bauksit di Mempawah, Kalimantan.

Jokowi tidak menjelaskan dengan lengkap smelter tersebut. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun, MIND ID melalui anak perusahaannya, PT INALUM menargetkan bisa segera merampungkan pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Fase I di Mempawah, Kalimantan Barat pada semester II-2024 mendatang.

Pembangunan proyek SGAR fase I yang dimulai pada 2019 tersebut rencananya bisa rampung dan mulai beroperasi pada 2023, tapi kini target penyelesaian pabrik pengolahan bijih bauksit jadi alumina - bahan dasar aluminium, tersebut ditargetkan selesai pada semester II 2024.

Setelah SGAR Mempawah fase I rampung, target operasi komersial akan mulai berjalan efektif pada 2025.

Proyek senilai US$830 juta tersebut diharapkan bisa menjadi solusi masalah terputusnya rantai bisnis bauksit menjadi aluminium. Saat ini hasil tambang bauksit PT ANTAM Tbk dikirim ke negara tetangga untuk dilebur jadi alumina, baru kemudian diangkut lagi ke smelter aluminium.

Setelah SGAR Mempawah fase 1 rampung, anggota Grup MIND ID PT INALUM melalui anak perusahaannya, PT Borneo Alumina Indonesia (PT BAI), berencana melanjutkan pengerjaan SGAR Menpawah fase II dengan potensi tambahan kapasitas produksi alumina mencapai 2 juta ton.

PT BAI merupakan perusahaan patungan dengan kepemilikan saham PT INALUM dengan porsi 60% dan PT ANTAM 40%.

"Kedua-duanya merupakan anak perusahaan MIND ID, jadi PT BAI ini bisa disebut sebagai cucu perusahaan MIND ID," ujar Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID Heri Yusuf dalam siaran pers. 

(dov/frg)

No more pages