Logo Bloomberg Technoz

Penurunan Suku Bunga The Fed Diprediksi Dorong Kenaikan Aset Asia

News
19 September 2024 16:10

Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS (Sumber: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS (Sumber: Bloomberg)

Abhishek Vishnoi - Bloomberg News

Bloomberg, Keputusan Federal Reserve menurunkan suku bunga menjadi pertanda baik bagi aset Asia karena banyak yang kurang dimiliki. Hal ini memiliki prospek pendapatan yang lebih baik serta lebih banyak ruang untuk mendapatkan keuntungan dari pelonggaran dibandingkan dengan aset-aset di negara berkembang lain. 

Para manajer keuangan dan ahli strategi mengatakan bahwa keputusan bank sentral untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin tidak terlalu menggambarkan pandangan yang suram tentang ekonomi Amerika Serikat (AS) dan lebih kepada memberikan jaminan yang lebih besar untuk melakukan soft landing.

Pivot ini akan membantu mengimbangi banyak hal negatif yang dihadapi aset-aset Asia termasuk valuasi yang mahal, perlambatan China, dan ketegangan perdagangan yang meningkat.

"Penurunan suku bunga ini memberikan sinyal yang jelas kepada pasar keuangan, para industrialis, dan rumah tangga bahwa the Fed mendukung pertumbuhan," ujar Gary Dugan, kepala eksekutif di Global CIO Office di Singapura. "Tindakan The Fed harus ditanggapi dengan sangat positif oleh pasar Asia."

Aset Asia. (Dok: Bloomberg)