Logo Bloomberg Technoz

BI Rate Turun, Fintech Lending Negosiasi Ulang Bunga Kredit Bank

Sultan Ibnu Affan
19 September 2024 15:30

Perusahaan fintech lending berizin dan terdaftar OJK. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Perusahaan fintech lending berizin dan terdaftar OJK. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kalangan fintech lending berniat melakukan negosiasi ulang dengan perbankan setelah Bank Indonesia menurunkan BI Rate 25bps menjadi 6%. 

Salah satu pelaku usaha fintech tersebut adalah PT Berdayakan Usaha Indonesia atau yang dikenal sebagai Batumbu. Fintech ini mendapatkan pinjaman dari perbankan sebesar 90% dari seluruh modal pendanaan. Adapun sisanya atau 10% merupakan modal dari kalangan individu maupun institusi non perbankan.

"Terima kasih atas penurunan bunga, kami akan melakukan negosiasi ulang ke perbankan untuk bunga," ujar Presiden Direktur Batumbu Tan Glant Saputrahadi, Kamis (19/9/2024).

Kemarin siang, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 6%, suku bunga Deposit Facility menjadi sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility menjadi sebesar 6,75%.

Sementara itu pada dini hari tadi Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) The Fed menurunkan menurunkan suku bunga 50bps ke kisaran 4,75% hingga 5%. The Fed juga menyiratkan penurunan suku bunga akan berlanjut. Hal ini tentunya membuka peluang BI juga bisa menurunkan suku bunga pada Rapat Dewan Gubernur berikutnya.