Logo Bloomberg Technoz

Positif Bagi Ekonomi RI, Bankir Harapkan BI Turunkan Bunga Lagi

Sultan Ibnu Affan
19 September 2024 14:06

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan
Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan

Bloomberg Technoz, Jakarta - Eksekutif perbankan berharap Bank Indonesia (BI) bisa kembali menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Tentunya kami mendukung apabila (Bank Indonesia) menurunkan lagi (BI Rate) pada bulan depan dan bulan bulan berikutnya," ujar Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, Kamis (19/9/2024).

Kemarin siang, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 6%, suku bunga Deposit Facility menjadi sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility menjadi sebesar 6,75%.

Sementara itu pada dini hari tadi Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) The Fed menurunkan menurunkan suku bunga 50bps ke kisaran 4,75% hingga 5%. The Fed juga menyiratkan penurunan suku bunga akan berlanjut. Hal ini tentunya membuka peluang BI juga bisa menurunkan suku bunga pada Rapat Dewan Gubernur berikutnya.

Tanpa menyebut level dan persentase tertentu, Steffano mengatakan pelaku usaha berharap regulator bisa menurunkan suku bunga pada level yang serendah mungkin. "Tentunya kami berharap (suku bunga) serendah mungkin akan menjadi yang terbaik bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujarnya.