Logo Bloomberg Technoz

Empat Saham Bank Besar RI Menguat Usai BI Rate Dipangkas Jadi 6%

Muhammad Julian Fadli
19 September 2024 13:00

Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri
Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga saham empat bank besar kompak menguat seiring dengan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia edisi September 2024, yang memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan BI Rate sebesar 25 Bps menjadi 6%.

Kenaikan keempat saham bank besar tersebut searah dengan Indeks Harga Saham Gabungan yang semakin tinggi. Hingga jeda Sesi I perdagangan saham di Kamis 19 September, IHSG melesat 68,28 poin atau setara dengan penguatan 0,87% ke level 7.897,42.

Saham BBRI pada Kamis 19 September (Bloomberg)

Seperti diketahui, BI mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur periode September 2024. Gubernur Perry Warjiyo dan sejawat memutuskan untuk memangkas BI Rate 25 Basis poin menjadi 6%,

Analis Bloomberg Intelligence Sarah Jane Mahmud dalam catatannya menilai, pendapatan bunga bersih bank-bank terbesar di Indonesia diperkirakan akan meningkat ke kisaran belasan persen setelah Bank Sentral memangkas suku bunga acuan.

“Dengan kemungkinan penyesuaian suku bunga simpanan yang lebih cepat dibandingkan pinjaman, margin bank dapat meningkat, dipimpin oleh Bank BRI karena kemampuannya yang lebih besar untuk menyesuaikan suku bunga simpanan, dan proporsi pinjaman dengan suku bunga tetap yang lebih tinggi,” terang Sarah dalam riset terbaru.