Logo Bloomberg Technoz

BlackRock: Bitcoin Bisa Jadi Diversifikasi Hadapi Risiko Fiskal

Redaksi
19 September 2024 11:40

Bitcoin. (Bloomberg)
Bitcoin. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan Investasi BlackRock menyatakan aset kripto hari ini merupakan instrumen lindung nilai “yang unik” di tengah risiko global, disampaikan dapat whitepaper-nya kepada nasabah.

BlackRock mengatakan bahwa kliennya sebagian besar melihat Bitcoin sebagai asuransi terhadap kemungkinan krisis utang Amerika Serikat (AS). “Bitcoin memiliki 'sedikit eksposur fundamental' terhadap variabel makro yang memengaruhi kelas aset lainnya, dilansir dari Decrypt, Kamis (19/9/2024).

Penilaian analis BlackRock ini mempertimbangkan bahwa persediaan pasokan Bitcoin yang terbatas, sifat global, dan kemudahan transfer lintas batas.

“Kekhawatiran yang berkembang di AS dan luar negeri atas kondisi defisit dan utang federal AS telah meningkatkan daya tarik aset cadangan alternatif potensial sebagai lindung nilai potensial terhadap kemungkinan kejadian di masa depan yang memengaruhi dolar AS,” tulis analis BlackRock.

Ditegaskan pengelola investasi di instrumen ETF Spot Bitcoin terbesar ini, Bitcoin memang "berisiko" tapi bukan "aset berisiko".