Logo Bloomberg Technoz

Lokasi Hacker Pembobol Kripto Rp341 M dari Indodax Terungkap

Redaksi
19 September 2024 10:45

Indodax.
Indodax.

Bloomberg Technoz, Jakarta - CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan bahwa terduga peretas yang sempat melakukan transaksi mencurigakan di sistem perusahaan, kerap menyerang platform kripto di seluruh dunia. Dalam temuan terbaru hacker berlokasi dan terafiliasi dengan kelompok peretas di Korea Utara.

"Berdasarkan analisis dari salah satu crypto security agency terkemuka dunia yang membantu kami saat ini terindikasi bahwa serangan ini terafiliasi dengan DPRK [Democratic People's Republic of Korea/Korea Utara]," ucap Oscar.

Kabarkan sebelumnya bahwa Yosi Hammer, Head of AI, Cyvers  menyatakan bahwa pola dan karakteristik dari Indodax sangat mirip dengan serangan Lazarus dan menyebut bahwa pihaknya masih mendalami apakah proses pencucian dana dari serangan ini seperti yang diprediksi.

"Walau masih terlalu dini untuk mengonfirmasi, kecepatan dan kecanggihan serangan tersebut memiliki kemiripan yang mencolok dengan #Lazarus Group dari Korea Utara, yang terkenal dengan peretasan cross-chain yang kompleks," Cyvers dalam unggahan di media sosial X.

Perusahaan memastikan bahwa pemeliharaan sistem akibat dugaan adanya serangan peretas telah selesai akhir pekan lalu, namun trader Indodax baru dapat melakukan deposit dan withdrawal aset kriptonya secara penuh lima hari sejak Sabtu (14/9/2024).