Logo Bloomberg Technoz

Trader Kakao Yakin UU Antideforestasi UE Akan Gagal, Usul Ditunda

News
19 September 2024 10:10

Buah kakao dan cokelat./dok. Bloomberg
Buah kakao dan cokelat./dok. Bloomberg

Mumbi Gitau - Bloomberg News

Bloomberg, Pedagang kakao besar, di tengah meningkatnya kritik, telah meminta Uni Eropa (UE) untuk menunda peraturan lingkungan baru yang ditujukan untuk mengatasi penggundulan hutan, alias EU Deforestation Regulation (EUDR) atau UU Antideforestasi.

Tidak adanya kejelasan elemen-elemen utama dalam UU Antideforestasi Eropa telah membuat upaya kepatuhan menjadi sangat tidak pasti, Asosiasi Kakao Eropa atau European Cocoa Association (ECA) mengatakan dalam sebuah surat kepada Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. 

Kelompok dagang, yang mewakili pedagang kakao utama dunia—termasuk Barry Callebaut dan Cargill Inc — menyerukan perpanjangan masa transisi setidaknya selama enam bulan sejak dimulainya pada 30 Desember.

Surat itu datang hanya sepekan setelah Kanselir Jerman Olaf Scholz menolak peraturan tersebut, menambah keberatan yang disuarakan oleh beberapa negara, termasuk Brasil, Indonesia, dan Malaysia, yang berpendapat bahwa peraturan itu akan berdampak negatif di seluruh pasar komoditas global.