Logo Bloomberg Technoz

Ikuti The Fed, Hong Kong Perdana Pangkas Suku Bunga Sejak 2020

News
19 September 2024 09:30

Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)
Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)

Katia Dmitrieva - Bloomberg News

Bloomberg, Otoritas Moneter Hong Kong (Hong Kong Monetary Authority/HKMA) memotong suku bunga acuannya untuk pertama kalinya sejak 2020 setelah bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) melonggarkan kebijakan moneternya. Langkah ini diharapkan bisa meringankan kondisi pinjaman di pusat keuangan tersebut.

HKMA menurunkan suku bunga sebesar setengah poin menjadi 5,25% pada Kamis (19/09/2024), dari level tertinggi sejak 2007. Kebijakan ini mengikuti langkah serupa dari The Fed beberapa jam sebelumnya, meskipun Gubernur The Fed, Jerome Powell, telah memperingatkan bahwa pemotongan ini tidak bisa dijadikan patokan untuk langkah selanjutnya.

Meski demikian, para trader memperkirakan akan ada lebih banyak pemotongan suku bunga di AS. Saat ini, pasar memperkirakan adanya tambahan pemotongan sebesar 70 basis poin pada dua pertemuan kebijakan The Fed yang tersisa tahun ini.

Pemotongan suku bunga di Hong Kong diharapkan bisa memberi keringanan bagi bisnis dan konsumen, yang selama bertahun-tahun menghadapi tingginya biaya pinjaman. Biaya pinjaman yang tinggi telah menjadi salah satu faktor terbesar yang memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mempengaruhi pasar real estate, di mana harga properti kini berada di titik terendah sejak 2016.