Logo Bloomberg Technoz

Tupperware Bangkrut

Terungkap Sosok Pemilik Tupperware yang Kini Resmi Bangkrut

Redaksi
19 September 2024 07:36

Kisah Tupperware: Dari Kaleng Cat, Dipakai NASA, hingga Bangkrut (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Kisah Tupperware: Dari Kaleng Cat, Dipakai NASA, hingga Bangkrut (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tupperware adalah merek yang sangat dikenal di kalangan ibu rumah tangga Indonesia. Produk berbahan plastik dengan segel kedap udara ini telah menjadi solusi penyimpanan makanan yang tak tergantikan.

Popularitas Tuppareware tak hanya di Indonesia, di negera asalnya, Amerika Serikat (AS), produk ini juga membanjiri rumah tangga negara Paman Sam tersebut. Sebagian besar dilakukan melalui pemasaran antar individu di pinggiran kota di negara tersebut.

Namun cerita sukses Tupperware tersebut tampaknya akan berakhir. Pasalnya perusahaan yang memproduksi alat rumah tangga ini, Tupperware Brands Corp resmi mengajukan klaim kebangkrutan setelah bertahun-tahun berjuang melawan penurunan penjualan dan meningkatnya persaingan.

Siapa Pemilik Tupperware? Ini Profilnya

Tupperware Brands Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh ahli kimia Earl S. Tupper pada 1946, di Massachusetts  yang menciptakan produk wadah penyimpanan plastik dengan segel kedap udara. Artinya keberadaan produk Tupperware sudah sekitar 78 tahun.

Earl Tupper mendapatkan inspirasi membuat produk Tupperware ketika membuat cetakan di pabrik plastik tak lama setelah era great depresion. Ia mendesain segel kedap udara untuk wadah penyimpanan plastik, seperti yang ada pada kaleng cat, untuk membantu keluarga yang mengalami kerugian akibat perang untuk menghemat uang dari limbah makanan yang mahal.