Logo Bloomberg Technoz

Penambang Emas Waswas Ekspansi Tambang Meski Harga Lagi Tinggi

News
19 September 2024 07:50

Tambang emas./Bloomberg-Arthur Menescal
Tambang emas./Bloomberg-Arthur Menescal

Jacob Lorinc - Bloomberg News

Bloomberg, Di tengah tren harga emas yang mencapai rekor tertinggi, perusahaan pertambangan kembali memburu kesepakatan sambil mencoba meyakinkan investor bahwa mereka telah belajar dari kesalahan masa lalu karena pengeluaran berlebihan.

Ada banyak aktivitas dalam beberapa bulan terakhir, dengan pembelian Osisko Mining Inc senilai US$1,6 miliar oleh Gold Fields Ltd dan akuisisi Centamin Plc senilai US$2,5 miliar oleh AngloGold Ashanti Ltd. Hal itu telah memicu spekulasi tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, dengan tanda-tanda bahwa lebih banyak perusahaan tambang emas yang berupaya untuk menandatangani kesepakatan.

Kenaikan harga emas batangan dan berkurangnya tekanan biaya telah membuat aset ini lebih menarik, terutama bagi perusahaan yang ingin mengganti tambang yang sudah tua.

Namun, perusahaan memberi sinyal bahwa mereka waspada untuk mengulangi kesalahan yang dibuat di pasar saham sebelumnya ketika ekspansi tambang emas besar-besaran justru membuat mereka terlilit utang besar dan pemegang saham marah.