Logo Bloomberg Technoz

Bitcoin Stabil Setelah Pemotongan Suku Bunga The Fed

News
19 September 2024 06:00

Ilustrasi Bitcoin. (Bloomberg)
Ilustrasi Bitcoin. (Bloomberg)

Muyao Shen - Bloomberg News

Bloomberg, Bitcoin tidak banyak berubah setelah bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) mengurangi suku bunga untuk pertama kalinya sejak pandemi, yang melumpuhkan ekonomi lebih dari empat tahun lalu dan membantu mata uang kripto memasuki arus utama.

The Fed menurunkan suku bunga acuannya sebesar setengah poin persentase. Proyeksi yang dirilis setelah pertemuan yang digelar selama dua hari menunjukkan mayoritas yang tipis, 10 dari 19 pejabat, mendukung penurunan suku bunga setidaknya setengah poin lagi selama dua pertemuan di sisa taun 2024.

Aset digital asli awalnya naik sekitar 2% sebelum menghapus kenaikan dan diperdagangkan sekitar US$60.000, sementara token yang lebih kecil sebagian besar menurun. Suku bunga yang lebih rendah biasanya membantu mendorong peningkatan permintaan untuk aset yang lebih berisiko.

"Secara teori, ini bisa menjadi sinyal bahwa The Fed memangkas 50 bps karena mereka khawatir tentang sesuatu," kata Spencer Hallarn, kepala global perdagangan over-the-counter di perusahaan investasi kripto GSR. "Jika mereka berpikir kita berada di ambang resesi, mungkin mereka merasa lebih terdesak untuk memotong dengan cepat."

Grafik perubahan harga Bitcoin. (Sumber: Bloomberg)