Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin Penting dari Keputusan The Fed untuk Pangkas Suku Bunga

News
19 September 2024 05:20

Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS atau the Federal Reserve. (Dok: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS atau the Federal Reserve. (Dok: Bloomberg)

Kate Davidson - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin pada Rabu (18/09/2024). Berikut poin-poin penting dari pengumuman tersebut.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memberikan suara 11 banding 1 untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) ke kisaran target 4,75%-5,0%. Ini merupakan pemotongan suku bunga pertama dalam lebih dari empat tahun.

Anggota Dewan Gubernur Fed Michelle Bowman memilih menentang keputusan tersebut dan mendukung pemotongan yang lebih kecil, sebesar seperempat poin. Ini merupakan penolakan pertama sejak Juni 2022 dan pertama kalinya seorang dewan gubernur The Fed berbeda pendapat sejak September 2005.

"Dot plot" dari proyeksi suku bunga menunjukkan bahwa pejabat rata-rata diperkirakan akan menurunkan suku bunga sebesar satu poin persentase pada akhir tahun, menyiratkan dua pemotongan seperempat poin lagi atau satu pemotongan setengah poin yang lebih besar. Sembilan dari 19 pejabat menuliskan pemangkasan 75 bps atau kurang.