Logo Bloomberg Technoz

The Fed Pangkas Suku Bunga 50 bps, Isyaratkan Ada Pemotongan Lagi

News
19 September 2024 05:05

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) menurunkan suku bunga acuannya sebesar setengah poin persentase pada Rabu (18/09/2024). Hal ini merupakan sebuah langkah agresif untuk memulai perubahan kebijakan yang bertujuan memperkuat pasar tenaga kerja AS.

Proyeksi yang dirilis setelah pertemuan selama dua hari menunjukkan bahwa mayoritas tipis, 10 dari 19 pejabat, mendukung penurunan suku bunga setidaknya setengah poin lagi selama dua pertemuan di sisa tahun 2024. Tujuh pembuat kebijakan mendukung penurunan suku bunga seperempat poin lagi tahun ini, sementara dua menentang langkah lebih lanjut.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memberikan suara 11 banding 1 untuk menurunkan suku bunga federal ke kisaran 4,75% hingga 5%, setelah menahannya selama lebih dari setahun pada tingkat tertinggi dalam dua dekade. Ini adalah pemotongan suku bunga pertama The Fed dalam lebih dari empat tahun.

"Keputusan ini mencerminkan keyakinan kami yang semakin besar bahwa dengan penyesuaian yang tepat terhadap sikap kebijakan kami, kekuatan pasar tenaga kerja dapat dipertahankan dalam konteks pertumbuhan moderat dan inflasi yang bergerak turun secara berkelanjutan ke 2%," kata Gubernur The Fed Jerome Powell dalam jumpa pers setelah pengumuman.