Logo Bloomberg Technoz

QRIS Segera Bisa Digunakan di Korsel, BI Ungkap Perkembangannya

Azura Yumna Ramadani Purnama
19 September 2024 02:01

Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan perkembangan kerja sama QRIS antar negara dengan Korea Selatan (Korsel) akan memasuki tahap uji coba dalam waktu dekat.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta menjelaskan, Korean Financial Telecommunication and Clearing Institute dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah melakukan tanda tangan terkait non-disclosure agreement (NDA) atau perjanjian kerahasiaan.

“Nanti KFTC dengan switching akan mempelajari spesifikasi masing-masing dan harapannya kita segera bisa melakukan uji coba teknis interkoneksi sistem pembayaran dua negara ini,” ujar Fili dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (18/9/2024).

Hal tersebut merupakan perkembangan terkini kerjasama QRIS cross border yang sebelumnya Gubernur BI Perry Warjiyo telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan bank sentral Korea Selatan atau Bank of Korea (BoK).

“Untuk [QRIS] crossborder kita ada MoU antar bank sentral dulu, baru MoU antar industri, nanti ada interlinking, uji coba dan implementasi,” kata Fili.