Logo Bloomberg Technoz

Berlomba Kembangkan Kacamata Pintar, Snap Hadir Usik Meta & Apple

Redaksi
19 September 2024 08:15

Kacamata pintar baru dari Snap, AR Spectacles. ((Dok: SPECTACLES)
Kacamata pintar baru dari Snap, AR Spectacles. ((Dok: SPECTACLES)

Bloomberg, Snap Inc sekali lagi mencoba membuat kacamata pintar, sekaligus jadi cara bersaing dari para kompetitornya, termasuk Meta Platform–pemilik Facebook, TikTok milik ByteDance Ltd. dan YouTube milik Google, yang memiliki bisnis periklanan yang jauh lebih besar. 

Upaya Snap meniru kesuksesan Meta yang berkolaborasi dengan Ray-Ban (Meta Smart Glasses) ditunjukkan dengan hadirnya perangkat sejenis seharga US$1.200 (sekitar Rp18,4 juta ).

Saham Snap turun lebih dari 40% sepanjang tahun ini karena platform dan aplikasi berbagi foto ini kesulitan untuk merealisasikan keuntungan dari investasi besar-besaran dalam teknologi periklanan.

Ide Lama Kacamata yang Dicoba Lagi

Kacamata dengan balutan teknologi seperti ini menjadi cara Snap menghasilkan uang selain iklan. Jauh sebelum itu sudah ada Amazon Inc, Google, Meta Platforms Inc telah mencoba membuat kacamata pintar, tapi tidak ada yang berhasil. Untuk Snap, kacamata dengan desain trendi ini mungkin adalah kelima kalinya. 

Snap memperkenalkan kacamata pintarnya dengan nama AR Spectacles, memungkinkan pemakainya mengambil gambar atau video untuk dikirim melalui aplikasi Snapchat.