Logo Bloomberg Technoz

Alibi Johanis Tanak WA-an dengan Eks Plh Dirjen Minerba

Muhammad Fikri
18 September 2024 19:10

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak usai mengikuti tes tertulis capim KPK di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak usai mengikuti tes tertulis capim KPK di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johanis Tanak pernah menjalani sidang etik di Dewan Pengawas atau Dewas KPK akibat pernah berkomunikasi melalui aplikasi percakapan dengan Idris Sihite yang saat itu menjadi pejabat pelaksana harian (Plh) Direktur Jenderal Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Hal ini menjadi masalah karena pada periode yang sama KPK sebenarnya tengah membuka sejumlah penyelidikan dan penyidikan tentang dugaan korupsi di tubuh Kementerian ESDM, termasuk Direktorat Jenderal Minerba. Johanis dinilai berpotensi mengalami konflik kepentingan hingga membocorkan penyidikan ke pejabat negara yang berpotensi berurusan hukum pada kasus tersebut.

“Itu hanya kebetulan ada staf saya [Idris Sihite] yang dulu di Kejaksaan Agung beliau kemudian ditempatkan di Kementerian ESDM. Tapi waktu itu saya tak tahu beliau itu jadi Plh Dirjen Minerba. Saya dengan beliau itu sangat akrab,” kata Tanak saat Tes Capim KPK, Rabu (18/9/2024).

Dia membantah telah berkomunikasi dengan Idris tentang kasus yang ditangani KPK. Dia mengklaim komunikasi tersebut semata hubungan kerabat teman lama. 

“Setiap ada keluhan beliau suka diskusi dengan saya bahkan ketika beliau akan pindah ke esdm beliau diskusi dengan saya” kata dia.