Logo Bloomberg Technoz

KPK Ungkap Sulit Deteksi Harun Masiku

Muhammad Fikri
18 September 2024 20:00

Deretan Kegagalan KPK Endus Lokasi Harun Masiku (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Deretan Kegagalan KPK Endus Lokasi Harun Masiku (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih belum berhasil menangkap tersangka dan buron kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024, Harun Masiku. Hal ini terjadi meski mantan kader PDIP tersebut sempat beberapa kali terdeteksi di luar negeri, masuk ke perbatasan, hingga berada di dalam negeri.

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak mengatakan, KPK mengalami sejumlah masalah teknis untuk terus intens mendeteksi keberadaan Harun Masiku. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan jumlah personil dan keterbatasan kemampuan penyidik untuk melacak buron. Padahal, lembaga antirasuah tersebut kerap melibatkan kepolisian dalam upaya pengejaran.

“Masalah teknis, kami tidak mempunyai personel seperti halnya pihak kepolisian yang tersebar di mana-mana dan mempunyai kemampuan profesional untuk mencari dan menangkap para tersangka,” kata Tanak saat menghadiri tes wawancara Capim KPK periode 2024-2029, Rabu (18/9/2024).

Hal ini disampaikan sekaligus membantah KPK telah mendapat sejumlah intervensi sehingga tak kunjung menangkap Harun Masiku. Sebelumnya, sejumlah kabar menyebutkan Harun Masiku berpotensi membongkar nama lain dalam upaya suap pemilihan pengganti kader PDIP yang meninggal dunia saat itu, Nazaruddin Kiemas.

Meski demikian, menurut dia, KPK telah menempuh sejumlah langkah yang bisa dikerjakan lembaga tersebut untuk mendeteksi Harun Masiku. Beberapa di antaranya, KPK telah melakukan penyadapan terhadap akses komunikasi Harun. Berdasarkan data tersebut, penyidik mencatat Harun kerap berpindah lokasi untuk terus bersembunyi.