Logo Bloomberg Technoz

Aksi jual atas laporan tersebut "mencerminkan dampak sentimen pasar dan penentuan posisi setelah kinerja yang kuat di sektor ini sejak awal tahun 2022," tulis para analis. "Namun, kami yakin pendorong yang mendasari belanja pertahanan tetap utuh."

Saham-saham yang dicakup oleh perusahaan itu mengalami penurunan nilai pasar sebesar €6,4 miliar pada Selasa, tulis mereka. Sekelompok saham pertahanan Eropa milik Goldman Sachs Group Inc telah turun hampir tiga kali lipat sejak perang di Ukraina dimulai pada Februari 2022, dibandingkan dengan pengembalian 25% untuk Indeks Stoxx Europe 600.

Selain mengisi kembali materiil yang disumbangkan ke Ukraina dan mengurangi ketergantungan mereka pada AS, pemerintah-pemerintah Eropa perlu membelanjakan lebih dari €2 triliun untuk menutupi kekurangan anggaran pertahanan selama 30 tahun, demikian ungkap para analis Morgan Stanley.

Dalam catatan terpisah, Morgan Stanley mengatakan bahwa komentar-komentar dari para eksekutif di konferensi-konferensi industri dalam beberapa minggu terakhir mengonfirmasi pandangan positif mereka di kedua sisi Atlantik.

Tim manajemen mengatakan bahwa pengeluaran struktural di Eropa tetap utuh dan ada dukungan bipartisan untuk pertahanan di AS, tulis para analis. Keranjang Goldman dari saham-saham pertahanan Eropa naik 1% pada pukul 11.36 di Frankfurt. Indeks ini turun 8,7% di September dan 11% dari rekor tertingginya di awal Juni.

(bbn)

No more pages