Logo Bloomberg Technoz

Alibi Kaesang Nebeng Jet Pribadi ke AS: Ada Penumpang 8 Orang

Muhammad Fikri
18 September 2024 19:20

Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep bersama juru bicara dan kuasa hukum saat berada di Gedung KPK. (Dok Francine Widjojo)
Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep bersama juru bicara dan kuasa hukum saat berada di Gedung KPK. (Dok Francine Widjojo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kuasa Hukum Kaesang Pangarep kembali menyebarkan keterangan pers tentang dugaan gratifikasi berupa penerbangan gratis menggunakan pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut mencoba kembali menegaskan penggunaan pesawat Gulfstream G650ER sekadar nebeng temannya.

Hal ini disampaikan sambil membantah penerbangan menuju sejumlah wilayah di Amerika Serikat tersebut hanya untuk mengantar Kaesang dan istrinya, Erina Gudono. Bukti Kaesang sekadar nebeng dibuktikan dengan keberadaan empat penumpang lain yang berkaitan dengan temannya tersebut.

“Kami sudah sampaikan kemarin semua data dan informasi ke KPK. Misalkan di pesawat itu ada 8 orang penumpang. Empat orang dari pemilik pesawat; dan empat orang dari Mas kaesang. Mereka berangkat bersamaan dari Jakarta ke Amerika” kata Juru Bicara Kaesang, Francine Widjojo melalui siaran tertulis, Rabu (18/9/20240).

Sesuai keterangan kepada KPK, Kaesang mengaku hanya mengajak tiga orang untuk pergi ke Amerika Serikat. Mereka adalah Erina, kakak kandung Erina, dan seorang staf.

Sebelumnya, tim kuasa hukum juga mengatakan, Kaesang dan Erina awalnya ingin berangkat pada 20 Agustus 2024 dengan penerbangan komersial. Akan tetapi, ketua umum PSI tersebut mendapat tawaran rekannya yang juga akan berangkat ke AS dengan jet pribadi pada 18 Agustus lalu.