Logo Bloomberg Technoz

UNTR Pacu Bisnis Non Batu Bara, Bersiap Serap Saham NCKL?

Sultan Ibnu Affan
18 September 2024 18:40

United Tractors. (Tangkapan layar via unitedtractors.com)
United Tractors. (Tangkapan layar via unitedtractors.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR), anak usaha grup Astra International (ASII) memacu bisnis tambang non batu bara sepanjang tahun ini, seiring dengan fokus perseroan yang telah menargetkan pendapatan bisnis non batu bara mencapai 50% pada 2030.

Rencana tersebut juga terlihat dari sepak terjang aksi korporasi emiten pertambangan itu yang kerap mengakuisi bisnis non batu bara, seperti pembangkit listrik panas bumi hingga pertambangan mineral.

"[Ekspansi bisnis non batu bara] kemungkinan ada. Tapi belum bisa kita sampaikan," ujar Sekretaris Perusahaan UNTR Sara K. Loebis saat ditemui disela acar Astra Media Day 2024 di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Sara mengatakan bahwa sejumlah rencana aksi tersebut diperkirakan tak berbeda jauh dengan aksi-aksi sebelumnya, yakni dalam bentuk partisipasi dalam kepemilikan saham hingga akuisisi penuh. "Secara historis, itu yang kita tempuh."

Adapun, ekspansi UNTR pada sektor non batu bara yang saat ini, dan masih akan terus dilakukan yakni bidang energi baru terbarukan (EBT) dan pertambangan mineral. Pada  sektor EBT dilakukan melalui anak usahanya, PT Energi Prima Nusantara (EPN).