Logo Bloomberg Technoz

Surat keputusan penunjukan menyebut dewan penasehat ini akan membantu Paetongtarn menganalisis dan mempelajari kesempatan untuk memperbaiki negara. Mereka juga akan memberi masukan terkait kebijakan-kebijakan pemerintah. 

Paetongtarn, anggota keluarga Shinawatra ketiga yang memimpin Thailand dan relatif baru di panggung politik, meminta bantuan pada pakar yang setia kepada Thaksin untuk mengatasi masalah ekonomi dan tantangan hukum yang dihadapi oleh pemerintah koalisi multi-partainya. 

Penunjukkan mereka ini juga memperlihatkan bagaimana mantan perdana menteri itu kemungkinan besar akan memengaruhi pemerintahan putrinya. 

Perdana menteri termuda Thailand ini bertekad untuk menghidupkan kembali ekonomi terbesar kedua Asia Tenggara yang diwarnai oleh utang rumah tangga yang sangat besar dan ongkos hidup yang tinggi. 

Pemerintahnya telah mengajukan usul untuk merestrukturisasi utang rumah tangga, memberi bantuan finansial pada UMKM, dan memperpecat stimulus fiskal untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi yang tertinggal dari negara-negara tetangga. 

Penunjukan dewan penasehat ini terjadi setelah Paetongtarn mempertahankan Pichai Chunhavajira sebagai menteri keuangan yang menjadi pertanda kelanjutan kebijakan pemerintahan Srettha. 

Srettha dilengserkan dari kursi perdana menteri setelah Mahkamah Konstitusi menyatakan dia bersalah dalam kasus pelanggaran etika. 

Paetongtarn sebelumnya juga menunjuk Prommin Lertsuridej sebagai Sekretaris Jenderal Perdana Menteri, jabatan yang dipegang di pemerintahan Thaksin dan Srettha.

(bbn)

No more pages