Logo Bloomberg Technoz

Menteri Dito: Naturalisasi Cara Cepat Naikkan Peringkat Timnas

Redaksi
18 September 2024 16:10

Timnas Indonesia melawan Timnas Australia pada laga kedua Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Dok PSSI)
Timnas Indonesia melawan Timnas Australia pada laga kedua Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Dok PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di depan anggota Komisi X, Menteri Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bicara soal pentingnya naturalisasi di Timnas untuk memajukan sepak bola RI.

Hal tesebut ia lakukan dalam rangka meminta Komisi X DPR memberikan pertimbangan untuk menjadi dua pemain asing yang memiliki keturunan Indonesia untuk bisa menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan bermain membela Timnas di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Oktober mendatang.

“Saya pastikan semua pemain memiliki darah Indonesia secara langsung tidak ada yang tidak memiliki darah Indonesia,” ujar Menteri Dito saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI. Hal ini juga menjawab segala tudingan yang sedan marak di media sosial.

Langkah naturalisasi ini dilakukan merupakan langkah cepat untuk menaikkan peringkat sepak bola Indonesia. 

“Proses naturalisasi ini membuat peringkat di FIFA bisa jadi 100, tetapi secara pararel kita juga telah melakukan pembibitan di usia muda,” tambah Dito.