Logo Bloomberg Technoz

UNTR Bersiap Hadapi La Nina di Akhir Tahun

Sultan Ibnu Affan
18 September 2024 15:20

KB Bank Gandeng United Tractors Salurkan Kredit Untuk Pembelian Alat Berat. (Dok. KB Bank)
KB Bank Gandeng United Tractors Salurkan Kredit Untuk Pembelian Alat Berat. (Dok. KB Bank)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten pertambangan Grup Astra, PT United Tractors Tbk (UNTR), menyatakan telah melakukan sejumlah upaya pencegahan ihwal potensi fenomena iklim La Niña, yang bisa menghambat produksi tambang hingga akhir tahun ini.

Sekretaris Perusahaan UNTR Sara K. Loebis mengatakan, upaya tersebut dengan melakukan perhitungan potensi musim hujan, yang siklusnya memang kerap dihadapi perseroan secara tahunan.

"Kami sudah banyak belajar melakukan engineering tambang. Salah satunya jalan yang digunakan di lokasi, itu kami sebut all weather load. Jadi jalan yang tetap berfungsi baik dalam cuaca apapun," ujar Sara disela acara Astra Media Day 2024, Rabu (187/9/2024).

Sara mengatakan, jalur tersebut secara rutin dilakukan pelapisan untuk menjaga kondisi tetap aman. Jalur tersebut terbentang diseluruh lokasi tambang maupun hauling road atau jalur pengangkutan. "Kami juga biasanya mendesain tambang yang tidak terlalu curam."

Bisa Menguntungkan

Disisi lain, Sara mengatakan bahwa fenomena iklim La Nina yang memungkinkan curah hujan tinggi juga dapat berdampak positif bagi kinerja penjualan batu bara UNTR.