Logo Bloomberg Technoz

Ray Dalio Abaikan The Fed, Risiko Terbesar Investor adalah China

News
18 September 2024 16:00

Pendiri Bridgewater Associates, Ray Dalio. (Dok: Ore Huiying/Bloomberg)
Pendiri Bridgewater Associates, Ray Dalio. (Dok: Ore Huiying/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Besaran penurunan suku bunga Federal Reserve minggu ini tidak akan mengubah permainan bagi investor global, meskipun risiko dari perlambatan ekonomi China terus membebani pikiran mereka. Demikian menurut para peserta di sebuah forum regional.

Pendiri Bridgewater Associates, Ray Dalio mengatakan apa yang akan dilakukan The Fed minggu ini "tidak membuat perbedaan" dalam jangka panjang karena para pembuat kebijakan pada akhirnya harus mempertahankan suku bunga riil tetap rendah untuk memungkinkan pembayaran utang yang menggunung.

"The Fed harus mempertahankan suku bunga cukup tinggi untuk memuaskan para kreditur bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan yang nyata tanpa harus menaikkan suku bunga terlalu tinggi, sehingga para debitur mengalami kesulitan," kata Dalio kepada Haslinda Amin dari Bloomberg Television di sela-sela Milken Institute Asia Summit 2024 di Singapura, Rabu (18/9/2024).

The Fed secara luas diperkirakan akan menurunkan suku bunga pada Rabu ini setelah mempertahankan biaya pinjaman pada level tertinggi dalam dua dekade terakhir selama lebih dari satu tahun.