Logo Bloomberg Technoz

BI Paparkan Hasil Penjualan SRBI Dkk, Asing Masuk

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 September 2024 14:30

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan perkembangan penerbitan instrumen moneter Sekuritas Rupiah BI (SRBI), Sekuritas Valas BI (SVBI), dan Sukuk Valas BI (SUVBI). Ketiga instrumen tersebut baru diterbitkan tahun lalu.

"Optimalisasi instrumen moneter pro-market yaitu SRBI, SVBI, dan SUBI terus dilakukan dalam rangka penguatan stabilitas nilai tukar rupiah dan pencapaian sasaran inflasi," kata Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam jumpa pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode September, Rabu (19/9/2024).

Ketiga instrumen tersebut, lanjut Perry, juga bertujuan untuk mempercepat upaya pendalaman pasar uang dan pasar valas. Juga untuk mendorong aliran modal asing ke dalam negeri.

Per 17 September, tambah Perry, total penjualan SRBI sudah bernilai Rp 918,42 triliun. Kemudian SVBI berjumlah US$ 2,95 miliar dan SUVBI US$ 280 juta.

Dalam hal menarik arus modal, demikian Perry, SRBI dinilai berhasil. Kepemilikan asing atau non-residen bernilai Rp 246,08 triliun atau 26,79% dari total outstanding.