Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Ledakan Pager di Lebanon yang Diduga Dilakukan Israel

Redaksi
18 September 2024 14:27

Perang Israel-Hizbullah di Lebanon. (Dok: Bloomberg)
Perang Israel-Hizbullah di Lebanon. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dinas rahasia Israel, Mossad, diduga berada di balik ledakan pager secara serentak di Lebanon yang menewaskan sembilan orang dan melukai hampir 3.000 orang. 

Harian New York Times melaporkan bahwa pager yang digunakan oleh kelompok Hezbollah di Lebanon dimodifikasi dalam operasi bersama antara Mossad dan Kementerian Pertahanan Israel. 

Awal Ledakan Pager

Sekitar jam 15.30 atau 15.45 waktu Lebanon di hari Selasa (17/9/2024) israel diduga mengirim pesan yang seakan-akan berasal dari kepemimpinan Hezbollah. Pesan yang dikirim serentak ke pemilik pager itu memicu alat pengirim pesan berteknologi rendah ini meledak.

Laporan beberapa media menyebut penggunaan pager yang masih luas di Lebanon membuat ledakan itu terjadi di wilayah negara itu selama hampir satu jam.

Pager menjadi alat komunikasi pilihan kelompok Hezbollah yang didukung Iran dalam upaya menghindari pelacakan oleh Israel. Ponsel bukan pilihan karena bisa menunjukkan lokasi pemilik dan koordinatnya bisa dimanfaatkan untuk serangan roket mematikan.