Logo Bloomberg Technoz

BI: Aliran Modal Asing Masuk Capai US$10,1 Miliar, Dukung Rupiah

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 September 2024 14:23

BI Rate (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
BI Rate (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aliran modal asing yang masuk ke aset-aset investasi portofolio di Indonesia, terus berlanjut di angka yang tinggi dan telah mendukung penguatan nilai tukar rupiah dua bulan terakhir.

Bank Indonesia mencatat, arus masuk modal asing alias capital inflows tercatat mencapai US$10,1 miliar selama kuartal III hingga data transaksi 13 September lalu. Dengan kurs dolar AS saat ini, nilai arus masuk modal asing itu setara dengan Rp154,98 triliun.

"Arus masuk modal asing terjadi pada seluruh instrumen keuangan domestik baik SBN [Surat Berharga Negara], SRBI [Sekuritas Rupiah Bank Indonesia] maupun saham," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam taklimat media siang ini di kantor BI di Jakarta.

Bank sentral meyakini arus masuk modal asing masih akan berlanjut dan bisa mendukung stabilitas rupiah ke depan. Modal asing yang terus membanjiri pasar domestik telah membawa posisi cadangan devisa pada Agustus pecah ke level tertinggi sepanjang sejarah RI.

BI juga optimistis neraca transaksi modal dan finansial akan terjaga sehingga mendukung kinerja neraca pembayaran. Adapun defisit transaksi berjalan diprediksi akan terjaga rendah di kisaran 0,1%-0,9% dari PDB.