Logo Bloomberg Technoz

Sikap Astra (ASII) Hadapi Gempuran Mobil Listrik China

Sultan Ibnu Affan
18 September 2024 14:30

Logo Toyota pada salah satu gerai penjualan mobil milik Astra International. (Dok NG SWAN TI/Bloomberg)
Logo Toyota pada salah satu gerai penjualan mobil milik Astra International. (Dok NG SWAN TI/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Astra Internasional Tbk (ASII), perusahaan konglomerasi yang juga menaungi merek otomotif pabrikan Jepang masih optimistis dapat bersaingan dengan China dalam produksi maupun penjualan mobil di Indonesia.

Hal itu disampaikan seiring dengan makin dominannya Negeri Panda dalam penjualan mobil di Indonesia, khususnya yang berbasis elektrik atau electric vehicle (EV) yang turut berpotensi menggerus pangsa pasar kendaraan roda empat ASII di Tanah Air.

"Bagaimana strategi Astra menghadapi persaingan ini? Tentunya kami akan terus memperkenalkan produk-produk elektrifikasi, baik baterai EV maupun Hybrid," ujar Head of Corporate Communication ASII Tira Ardianti disela acara Astra Media Day 2024, Rabu (18/9/2024).

Tira mengatakan, sejauh ini kontribusi penjualan roda empat berbasis listrik ASII mulai berkontribusi positif. Ini dibuktikan dengan kontribusi penjualan mobil berbasis listrik per semester I tahun ini yang mencapai 9,3% dari total penjualan, meningkat dari sepanjang tahun lalu yang hanya 6,3%.

Dari total tersebut, lanjut dia, sekitar 70% diantaranya merupakan mobil yang berbasis hybrid electric vehicle (HEV). Ini mencerminkan produksi mobil HEV besutan Astra masih diterima baik sekali oleh masyarakat Indonesia.