Logo Bloomberg Technoz

BI: Kredit Bank Tumbuh 11,4% Agustus 2024, Melambat dari Juli

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 September 2024 14:54

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat konfresin pers RDG. (Bloomberg Technoz/Azura)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat konfresin pers RDG. (Bloomberg Technoz/Azura)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan nilai kredit perbankan pada Agustus 2024 tercatat tumbuh 11,4% (year-on-year/yoy). Angka ini menurun dibanding pertumbuhan kredit bank pada Juli 2024, yakni 12,4% (yoy).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan perkembangan ini ditopang oleh sisi penawaran, sejalan dengan minat penyaluran kredit yang terjaga, pendanaan yang memadai, realokasi alat likuid ke kredit oleh perbankan, dan dukungan kebijakan likuiditas makroprudensial BI.

"Pertumbuhan kredit juga didukung oleh sisi permintaan yang tetap baik dari korporasi, terutama korporasi di sektor padat modal, sedangkan permintaan kredit korporasi di sektor padat karya perlu terus ditingkatkan," kata Perry dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI, Rabu (18/9/2024).

Sementara itu, dia menambahkan permintaan kredit rumah tangga terjaga, terutama pada sektor properti. Secara sektoral, pertumbuhan kredit pada mayoritas sektor ekonomi tetap kuat, terutama pada sektor Industri, sektor listrik gas, dan air (LGA), serta sektor pengangkutan. 

Berdasarkan kelompok penggunaan, pertumbuhan kredit ditopang oleh kredit modal kerja, kredit investasi, dan kredit konsumsi, yang masing-masing tumbuh sebesar 10,75% (yoy), 13,08% (yoy), dan 10,83% (yoy) pada Agustus 2024.