Logo Bloomberg Technoz

Gelombang PHK Induk Instagram & WhatApp Dimulai 10.000 Posisi

News
19 April 2023 14:30

Founder dan CEO Meta Mark Zuckerberg. (David Paul Morris/Bloomberg)
Founder dan CEO Meta Mark Zuckerberg. (David Paul Morris/Bloomberg)

Ed Ludlow, Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan Induk,  Facebook, Instagram dan WhatsApp milik Mark Zuckerberg, Meta Platforms Inc. akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) di seluruh perusahaan pada Rabu (19/4/2023) menyusul restrukturisasi tim dan pekerjaan yang merupakan bagian dari tujuan efisiensi besar yang dilakukan sang pemilik. 

Meta telah memberi tahu pada manajer untuk mengumumkan PHK pada Rabu, melalui memo yang dilihat oleh Bloomberg News. Hal ini mengindikasikan bahwa Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Reality Labs yang mengerjakan berbagai inisiatif virtual reality perusahaan dan perangkat keras Quest juga akan terdampak.

Langkah tersebut merupakan bagian dari pengurangan biaya yang pada akhirnya akan memangkas 10.000 posisi di perusahaan sebagaimana diumumkan Zuckerberg pada Maret lalu. Sementara, gelombang PHK berikutnya direncanakan akan berlangsung pada Mei. 

Meta telah memangkas sekitar 13% tenaga kerjanya atau setara dengan 11.000 pekerjaan pada November. Perusahaan juga memperpanjang pembekuan rekrutmen selama kuartal I yang diikuti dengan pemotongan pekerjaan dan biaya oleh bisnis Silicon Valley lainnya. Komentar Zuckerberg menunjukkan bahwa Meta ingin menjadi lebih ramping dan menyeimbangkan kembali rasio teknolog dan insinyur terhadap staf bisnis dan administrasi.