Logo Bloomberg Technoz

Resmi Dibuka, Ini Link Pendaftaran KPPS Pilkada 2024

Referensi
18 September 2024 10:49

Ilustrasi penyelenggaraan pemilu/pilkada (Bloomberg/Dimas Ardian)
Ilustrasi penyelenggaraan pemilu/pilkada (Bloomberg/Dimas Ardian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pilkada 2024 resmi dibuka pada Selasa, 17 September 2004 hingga 29 September 2004. KPPS adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Jika Anda berminat untuk menjadi bagian dari KPPS, berikut panduan lengkapnya, mulai dari cara pendaftaran hingga tugas setiap anggota KPPS.

Cara Mendaftar Anggota KPPS Pilkada 2024

Cover 4 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Petugas KPPS (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Untuk melakukan pendaftaran, calon anggota KPPS dapat mengakses link pendaftaran KPPS Pilkada 2024 melalui situs resmi SIAKBA.kpu.go.id. SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc) adalah platform digital yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengelola keanggotaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan KPPS.

KPPS merupakan bagian dari Badan Ad Hoc yang berperan penting dalam proses pemungutan suara di Pilkada 2024. Setiap TPS akan memiliki tujuh anggota KPPS, dengan satu orang sebagai ketua yang merangkap anggota, dan enam anggota lainnya dengan tugas yang spesifik.

Tugas dan Tanggung Jawab Setiap Anggota KPPS

Ilustrasi penyelenggaraan pemilu/pilkada (Bloomberg/Dimas Ardian)

Setiap anggota KPPS memiliki peran yang berbeda namun saling terkait untuk memastikan kelancaran jalannya pemungutan suara. Berikut adalah tugas rinci dari masing-masing anggota KPPS:

1. Ketua KPPS (Anggota KPPS 1)